The Dark Knight Rises Review

 

Screen Shot 2012-07-22 at 1.37.13 AM
8 Overall Score

Story: 7/10
Gameplay: 8/10
Graphic : 9/10
Sound: 8/10
Replaybility: 7/10
_________________________________________________________________________________

Kelebihan : Grafis menawan | Gotham City terlihat detail } Sistem level up menarik

Kekurangan : Control terkadang terkesan aneh | Camera sedikit membingungkan

Sepertinya saat ini sudah lumrah bahwa sebuah film besar akan diikuti dengan gamenya. Hal tersebut tidak terkecuali di mobile gaming. Setelah sebelumnya merilis The Amazing Spider-Man, kini pihak Gameloft telah merilis The Dark Knight Rises, yang diambil dari film Batman terbaru karya Christopher Nolan.

Game The Amazing Spider-Man yang telah direview beberapa waktu yang lalu memperoleh nilai yang cukup mengecewakan. Lalu bagaimana dengan game ini?

Spoiler Alert

Sebelum memainkan game ini, ada baiknya kami mengingatkan bahwa pihak pengembang mengambil kisah yang didasarkan oleh film Batman terbaru, jadi akan ada banyak bocoran cerita dalam game ini. Tidak hanya akan berisikan karakter seperti Bane dan Selina Kyle, game ini juga akan menghadirkan beberapa dialog yang diambil dari film tersebut.

Kami berusaha untuk tidak akan memberikan spoiler dalam review ini, kami pribadi belum menonton film The Dark Knight Rises tersebut, jadi kami juga tidak mengetahui seberapa banyak spoiler yang dimasukan oleh pihak Gameloft dalam game ini.

Berbeda dengan game Batman terakhir yang dirilis di iOS (Arkham City Lockdown), pihak Gameloft lebih memilih untuk “meniru” gameplay dari dua game Batman yang sukses di console yaitu Batman Arkham Asylum dan Batman Arkham City, dimana hal tersebut berarti game Batman kali ini akan mengambil setting sandbox, mirip dengan game The Amazing Spider-Man.

Walaupun area yang ditawarkan dalam game ini tidak sebesar game-game bertema sandbox lainnya yang ada di iOS, namun pihak Gameloft berhasil menghadirkan Gotham City dengan cukup baik. Sama seperti nuansa Batman, semua permainan dalam game ini mengambil waktu malam hari, dan Gotham City selalu diguyur hujan (mungkin saat itu sedang musim hujan).

Walaupun Gotham City dalam game ini terlihat sepi, nyaris tanpa penduduk, namun secara keseluruhan kita akan dapat merasakan nuansa Batman yang diperlihatkan dari environment yang ada. Selama mengeksplorasi Gotham City, kita juga akan berkesempatan memperoleh beberapa side mission yang ditawarkan. Tidak hanya itu, kita juga akan dapat menemukan berbagai collectibles yang dapat kita kumpulkan selama menelusuri Gotham City.

Salah satu unsur yang membuat game ini tampak cukup keren adalah saat kita mengeksplorasi Gotham City dengan melakukan glide. Animasi yang diperlihatkan dapat dikatakan cukup baik, dan membuat kita dapat berhayal menjadi seorang Batman.

Gameplay yang ditawarkan dalam The Dark Knight Rises ini juga cukup bervariasi, selain hand-to-hand combat, kita juga seringkali diharuskan melakukan stealth, walaupun stealth dalam game ini tidak seseru versi consolenya. Disini kita tidak hanya melakukan combat begitu saja, kita harus melakukan berbagai strategi, seperti memecahkan lampu sebelum melumpuhkan snipers, mengalihkan perhatian dengan berbagai items, serta terkadang kita juga harus mencari cara untuk melewati machine guns. Game ini terkadang juga memberikan beberapa puzzle, yang cukup mudah untuk kita selesaikan.

Batman terkenal dengan berbagai peralatan canggih miliknya. Dalam game ini juga sama, kita akan dilengkapi dengan berbagai peralatan yang sudah cukup dikenal oleh para penggemar Batman, mulai dari Batrang, Grapple Gun, Smoke Bomb, EMP Batrang hingga Flashbang Grenade. Masih merasa kurang? Jangan kuatir, dalam The Dark Knight Rises ini kita juga akan dapat mengendarai beberapa kendaraan Batman, seperti The Bat dan Bat-Pod.

Combat dalam game ini cukup seru, kita dapat melakukan combo, mengkombinasikan serangan dengan berbagai senjata yang kita miliki, dan juga dapat melakukan Glide Attack serta melakukan counter attack. Yang membuat combat dalam game ini lebih seru adalah bagaimana pihak Gameloft berhasil mengemas serta mempresentasikan combat tersebut dengan baik, seperti contohnya saat kita berhasil melakukan combo, maka otomatis serangan kita akan diperlihatkan dengan cukup keren melalui “slow motion”.

The Dark Knight Rises berisikan enam level, dimana masing-masing level akan berisikan beberapa misi. Sayangnya pihak Gameloft tidak memasukan mode multiplayer dalam game ini, namun sistem level up serta berbagai collectibles yang dapat dikumpulkan membuat nilai replaybility dari game ini sedikit naik.

Fitur camera dalam game ini juga tidak terlalu bagus. Tentu kita dapat melihat sekeliling dengan cara manual, yaitu melakukan swipe, namun terkadang saat melakukan combat, camera dalam game ini sedikit kacau, bahkan tidak jarang kita kehilangan pandangan terhadap musuh di dekat kita.

Sayangnya, AI dalam game ini tidak cukup baik. Seringkali mereka mengacuhkan kita bahkan saat kita sudah berada di depan mereka. Yang lebih terlihat adalah saat kita menyerang mereka kemudian melarikan diri, mereka tampak sedikit malas untuk mengejar dan mencari Batman (mungkin gaji yang ditawarkan oleh Bane tidak sebesar Joker).

The Dark Knight Rises ini juga menawarkan sedikit unsur RPG, dimana setiap kali kita naik level, kita akan memperoleh points, yang dapat kita gunakan untuk melakukan upgrade, baik upgrade kemampuan dari Batman, upgrade items yang kita miliki, hingga melakukan upgrade bagi kendaraan kita. Bagi mereka yang ingin cepat, pihak Gameloft juga menyediakan pilihan untuk memnbeli points melalui “in-apps purchase”. Sayangnya harga yang ditawarkan untuk points tersebut cukup mahal, mungkin pihak Gameloft lupa bahwa tidak semua gamers memiliki uang sebanyak Bruce Wayne.

Control dalam game ini menjadi salah satu point penting, yang sedikit mengurangi kualitas The Dark Knight Rises. Pihak pengembang sebenarnya memberikan control yang cukup responsif dengan menggunakan virtual button dan virtual thumb stick, dimana control tersebut akan berubah secara dinamis. Misalnya, saat bertarung otomatis muncul tombol untuk melakukan serangan dengan menggunakan Batrang. Sayangnya, penempatan tombol tersebut sedikit aneh, hingga tidak jarang kita akan tidak sengaja melempar Batrang saat sedang melihat area sekeliling.

Pihak pengembang juga tidak memberikan pilihan bagi kita untuk melakukan kustom dalam penempatan virtual button tersebut, sebuah hal yang sangat disayangkan. Control saat mengendarai Bat-Pod serta The Bat juga kurang baik, dimana tidak ada pilihan untuk menggunakan accelerometer, atau menggunakan tap. Pilihan yang diberikan hanyalah menggunakan slider.

Grafis yang ditawarkan sangat mempesona, bahkan dapat dikatakan mendekati grafis yang ada dalam Xbox 360 atau PS3, khususnya pada iDevice yang sudah menggunkan Retina Display. Baik environment yang ada maupun characters hadir dengan cukup detail, kita dapat melihat hal tersebut dalam kostum Batman. Demikian juga berbagai efek yang ada, seperti percikan hujan yang membuat game ini semakin kental dengan atmosfir Batman. Game ini direview di iPhone 4, dan berjalan dengan cukup mulus, namun menurut laporan yang diperoleh, game ini juga berjalan cukup baik di iPad generasi pertama.

Voice actor dalam game ini juga cukup baik, dimana tidak hanya Batman, karakter-karakter lain seperti Bane, Gordon hingga Catwoman juga terdengar cukup pas. Dialog-dialog yang ada juga cukup menarik, walaupun tentun saja beberapa diantaranya mengandung spoiler. Musik dalam game ini cukup standard, walaupun tidak istimewa, paling tidak cukup dapat menambah adrenaline kita saat melakukan combat.

Secara keseluruhan, Gameloft berhasil membuat sebuah game Batman yang cukup baik, paling tidak lebih baik dari game The Amazing Spider-Man yang mereka rilis sebelumnya. Walaupun masih memiliki beberapa kekurangan, namun pihak Gameloft berhasil memperlihatkan bagaimana kemampuan mobile gaming, khususnya iDevice serta high end Androd saat ini sudah hampir menyamai console.

Download Links – AppStore

Download Links – Google Play

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s