Tetris dan Cerita di Baliknya

Siapa yang tidak kenal dengan Tetris. Game buatan Alexey Pajitnov ini memang telah banyak dikenal di penjuru dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sering memainkan Tetris di waktu senggangnya. Itulah kelebihan yang dimiliki oleh Tetris. Dengan gameplaynya yang sederhana semua usia pun dapat memainkannya. Namun sadarkah kamu di balik gameplaynya yang sangat sederhana sebetulnya Tetris menyimpan pesan yang cukup mendalam? Mungkin tidak semua orang menyadarinya. Bisa jadi hanya gamer yang sudah cukup makan asam garam kehidupan yang mampu memahami filosofi di balik game Tetris ini.

FILOSOFI DI BALIK GAME TETRIS

Pernahkah terbayang kalau balok-balok dan berbagai macam unsur yang ada dalam permainan Tetris tersebut mampu menggambarkan alur kehidupan manusia? Pengalaman hidup kita dapat diibaratkan seperti game Tetris. Bagaimana mungkin?

DILIHAT DARI SUDUT PANDANG GAMEPLAY TETRIS

Permainan dimulai dengan skor dimulai dari angka nol. Balok-balok dengan berbagai macam bentuk datang silih berganti, dengan berbagai tekstur dan warna. Mulai dari bentuk menyerupai huruf “I”, “J”, “L”, “O”, “S”, “T”, dan “Z”. Semakin lama kita bermain, semakin sulit cepat dan banyak pula balok yang harus diatur. Dari bermacam bentuk tersebut, refleks dan kecepatan pengambilan keputusanmu mulai ditempa. Kamu diharuskan untuk dapat memanfaatkan ruang yang ada, ruang yang begitu sangat terbatas dan harus kamu pergunakan semaksimal mungkin. Balok-balok terus berdatangan dan mereka harus kamu tata sedemikian rupa agar dapat memenuhi ruang yang kamu miliki tanpa menyisakan balok ruang tak berarti.

Namun apa bisa semua balok ditempatkan secara sempurna? Tentu saja tidak. Selalu ada saja ruang sisa yang terbentuk yang tidak terpakai dan membentuk susunan balok yang terlihat mengganjal, tumpang tindih, tak beraturan. Mengapa bisa demikian? Apakah reflek dan pengambilan keputusan kita dalam mengatasi balok-balok tersebut sangatlah kurang? Bisa jadi.

Setelah segala macam perjuangan yang dihadapi dalam menyusun balok bermacam-macam rupa, terkadang kita menghembuskan nafas lega ketika melihat balok yang berbentuk lurus. Siapa lagi kalau bukan balok “I”? Ia merupakan satu-satunya balok yang hampir dapat mengisi 1 balok ruang sisa di antara susunan balok-balok lain. Sebuah balok yang terkadang dapat menyempurnakan empat baris ruang balok sekaligus. Tidak jarang juga balok “I” yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang melengkapi ruang yang sudah kita sediakan untuk menyelesaikan deret ruang balok yang ada. Namun setelah satu deret balok terisi, maka beres sudah satu garis ruang yang akan digunakan untuk ditempati oleh balok-balok sebelumnya, dan tentunya skor kita pun akan ikut bertambah.

Lalu bagaimana jika game Tetris dianalogikan ke dalam pengalaman hidup seseorang?

DILIHAT DARI SUDUT PANDANG PENGALAMAN HIDUP MANUSIA

Perjalanan hidup kita dimulai semenjak lahir di dunia. Waktu terus bergulir dengan berbagai kabar hidup yang datang silih berganti dalam berbagai bentuk, baik itu yang menyisakan ekspresi sedih, senang, haru, dan tawa. Semakin lama kita hidup semakin banyak pula persoalan yang akan kita hadapi. Dari situlah kemampuan kita diuji, seberapa tanggap, cepat, dan bijakkah keputusan kita dalam mengatasinya. Semua daya harus dikerahkan tanpa harus menyisakan persoalan yang ada. Seburuk-buruknya setidaknya dampak buruk dari sebuah persoalan dapat diminimalisir. Memang tidak mudah menyelesaikan semua persoalan karena kemampuan manusia satu sama lain sangatlah berbeda dan energi kita pun ada batasnya.

Setelah segala upaya kita lakukan, tak jarang sebuah solusi datang menghampiri. Sesuatu yang dapat membuat kita berpikir lurus, tidak ruwet dalam mengatasi masalah yang ada. Solusi yang datang dalam berbagai bentuk dan terkadang dapat menyelesaikan lebih dari satu masalah sekaligus. Tetapi tidak jarang solusi yang ditunggu tak kunjung datang meskipun waktu dan situasinya sudah tepat untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Waktu yang akan menjawab hingga solusi datang dan masalah pun akan terpecahkan. Semuanya akan terangkum dan terekam dalam memori yang kamu simpan sebagai pengalaman hidup yang berharga.

GAMEPLAY SEDERHANA NAMUN SARAT MAKNA

Saat ini begitu sedikit game yang mampu menerapkan konsep permainan yang sedemikian sederhana namun memiliki kesan yang mendalam bagi gamer yang memainkannya. Meskipun ada jumlahnya pun dapat dihitung dengan jari. Sesungguhnya hal ini merupakan hal yang mendasar bagi seluruh developer game untuk dapat menciptakan game yang berkesan dan tak lekang oleh waktu.

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s