iPhone 4S Review

Apple iPhone 4S
9 Overall Score
Desain: 9/10
User Interface: 8/10
Feature: 9/10
Kelebihan     :  Fantastic camera, fitur Siri yang menarik | Lebih cepat dengan processor A5 | Beragam fitur app menarik di iOS 5

Kekurangan :  Desain tidak berbeda dengan iPhone 4 | Masih tergantung pada iTunes | Harga masih mahal
________________________________________________________________________________

Walaupun sudah dirilis sejak beberapa waktu yang lalu, namun iPhone 4S, produk terbaru dari Apple baru hadir di Indonesia pada tanggal 27 Januari yang lalu. Dari segi tampilan, 4S nyaris tidak bisa dibedakan dari iPhone 4. Lalu apa saja yang menjadi kelebihan 4S ini?

Unboxing:
Sama seperti iPhone 4, box dari 4S ini cukup minimalis, bahkan lebih kecil dari box iPhone 4. Box tersebut berisikan kabel data, charger, earphones, beberapa panduan yang dilengkapi dengan alat untuk mencopot micro sim card, serta tentu saja iPhone 4S itu sendiri.


Desain:
Seperti yang sudah kita ketahui, nyaris tidak ada perbedaan dari iPhone 4 ke 4S dari segi design. Akan tetapi, jika diperhatikan, posisi antena dari 4S sedikit berbeda, demikian juga dengan switch untuk melakukan mute, posisi switch di 4S tersebut beberbeda beberapa cm dibandingkan iPhone 4. Hal ini cukup merepotkan apabila kita ingin menggunakan case dari iPhone 4 ke 4S.

Bagian depan dan belakan 4S juga dilengkapi camera (nanti akan dibahas lebih lanjut), serta di bagian bawah kita akan menemukan connector serta loudspeaker. Sedangkan di bagian atas kita dapat memasukan audio jack (3.5mm). Pada bagian depan, seperti biasa hanya ada tombol “home” yang dapat kita tekan yang menjadi ciri khas iDevice selama ini.

Di bagian kanan kita dapat memasukan micro sim card, dan tidak mengherankan, Apple masih tetap tidak akan mengijinkan kita memasukan Memory Card model apa pun di iDevice (hal yang sepertinya tidak akan berubah walaupun terjadi beberapa pergantian CEO di Apple). iPhone 4S sendiri sebenarnya hadir dengan pilihan yang cukup besar, mulai dari 16GB, 32GB hingga 64GB.

Desain dari iPhone 4 sendiri sangat “sexy”, demikian juga dengan 4S. Namun beberapa user mungkin mengharapkan Apple memperbesar layar dari iPhone 4S, dimana layar ini memiliki ukuran yang tidak berubah sejak iPhone generasi pertama dirilis tahun 2007 yang lalu, yaitu 3.5″. Hmm, mungkin iPhone 5 akan merubah hal tersebut?

Dari segi display, 4S juga tetap menggunakan Retina Display, dengan resolusi 640×960 pixels, yang merupakan resolusi paling tinggi yang ada di smartphone saat ini. Hal ini tentu saja menghadirkan kualitas gambar yang sangat mempesona. Bahkan bukan tidak mungkin kalian akan lebih sering melihat photo pasangan kalian di iPhone 4S ini berkat Retina Display.

User Interface:
Apple memegang teguh prinsip “simplicity”. Hal tersebut terlihat jelas dari desain User Interface iDevice yang nyaris tidak pernah berubah. Home screen kita hanya dapat berisikan icons serta folders. Hal ini membuat user mudah untuk mencari sesuatu, dan untuk kembali ke home screen user tinggal menekan tombol home, sangat simple, walaupun mungkin UI dari iDevice (termasuk 4S) ini terasa membosankan bagi beberapa orang.

iOS 5, yang merupakan iOS default bagi iPhone 4S sedikit memberi aroma baru bagi iDevice dengan menghadirkan apa yang disebut dengan “notification center”, yang diharapkan notifikasi yang masuk tidak mengganggu kenyamanan kita saat bermain game atau menonton Tori Black dan Mai Shirosaki. Di notification center tersebut kita juga dapat diberikan weather widget serta informasi beberapa saham. Dengan iOS 5 ini kita juga dapat langsung mengakses iPod serta camera tanpa harus membuka lock screen.

Phone & Messaging
Hal yang harus diperhatikan pertama kali saat membeli sebuah “phone” biasanya adalah fitur untuk menelpon dan SMS. Tampilan phonebook dari iOS 5 tidak jauh berbeda dari iOS sebelumnya, dan kita juga dapat melakukan sync dengan Google Contact maupun Outlook dengan mudah. Kita juga dapat memberikan berbagi informasi dalam contact list kita, mulai dari photo, email, FB, Twitter hingga account Flickr.

Sistem SMS juga tidak berubah, namun iOS 5 memperkenalkan sebuah fitur baru yaitu “iMessage”, sebuah fitur yang mirip dengan BBM dari Blackberry, dimana kita dapat mengirimkan pesan dengan gratis ke sesama pemilik iDevice (dengan iOS5) saat terhubung dengan internet. Saat kita mengirimkan pesan kepada mereka yang juga memiliki fitur iMessage, otomatis tombol “send” akan berubah menjadi biru, yang menandakan layanan iMessage tersedia, namun apabila penerima pesan tidak memiliki fitur ini makan tombol “send” akan berubah menjadi hijau dan akan mengirimkan pesan sebagai SMS biasa.

Fitur lainnya dari iOS 5 adalah Face Time, sama seperti iPhone 4, dimana kita dapat melakukan video call gratis ke sesama iDevice saat terhubung dengan internet. Sayangnya untuk saat ini layanan ini hanya tersedia apabila keduanya tersambung dengan koneksi WiFi.

A5 Processor:
Apple menggunakan processor A5 pada iPhone 4S, processor yang sama dengan iPad 2, dan menjanjikan peningkatan performa yang cukup drastis. Hal ini sangat terbukti saat kita membuka aplikasi apa pun. Nyaris tanpa ada lag sedikit pun yang terasa. Hal ini membuat kita sangat dimanjakan dan bahkan dapat membuat kita merasa bahwa iPhone 4 sangat lambat (walaupun sebenarnya iPhone 4 juga cukup cepat saat membuka aplikasi apa pun).

Sementara itu, untuk GPU, Apple menggunakan PowerVR SGX543MP2 serta menjanjikan peningkatan performa dalam gaming hingga 7X dibandingkan dengan iPhone 4. Hal tersebut juga terlihat sangat jelas saat kita memainkan game-game seperti Infinity Blade II, Real Racing 2 maupun Batman Arkham City, dimana game-game tersebut berjalan lebih mulus.

Camera:
Tidak dapat dibantah bahwa iPhone 4S memiliki salah satu camera terbaik di smartphone (bahkan mungkin yang terbaik). Dengan 8 megapixel serta LED flash, 4S dapat menghasilkan photo dengan resolusi hingga 3264×2488. Namun yang membuat camera 4S ini menjadi jauh lebih istimewa adalah lensa dari camera itu sendiri. Dengan 5 elemen lensa (iPhone 4 memiliki 4 elemen lensa), serta aperture hingga f/2.4 membuat photo yang diambil dari 4S terlihat jauh lebih tajam dan lebih jernih.

Apple, sepertinya sangat serius dalam mengembangkan camera bagi iPhone 4S ini, karena mereka juga membuat kecepatan saat membuka camera di 4S sangat cepat, dan merupakan yang tercepat dari semua smartphone yang ada saat ini. Selain itu, iPhone 4S juga dapat merekam video full HD denan resolusi hingga 1080p.

Didukung dengan berbagai aplikasi photography seperti Camera+, Snapseed, Instagram dan banyak lagi, sepertinya sangat sulit mencari smartphone lain dengan camera yang dapat menandingi 4S. Berikut ada beberapa contoh hasil dari camera 4S

Siri:
What is so special about Siri? Banyak yang beranggapan bahwa Siri merupakan voice command biasa, anggapan yang sangat keliru. Bahkan ada beberapa orang yang membandingkan Siri dengan Google translate. Salah satu hal yang istimewa dari Siri adalah dia dapat mengerti “makna” dari ucapan kita, bukan sekedar “arti” dari ucapan kita. Contohnya, untuk menanyakan cuaca, kita dapat menggunakan kalimat “bagaimana cuaca hari ini” atau “apakah saya butuh payung hari ini”.

Tidak hanya itu, kita juga dapat menanyakan berbagai pertanyaan iseng kepada Siri, just use your fantasy. Siri untuk saat ini masih dalam taraf beta, jadi kita masih hanya dapat menggunakan beberapa bahasa tertentu (sayangnya bahasa Indonesia belum termasuk). Serta location service bagi Siri masih terbatas untuk di wilayah US.

Penutup:
iPhone 4S harus diakui merupakan salah satu smart phone terbaik yang ada saat ini. Yang mungkin menjadi pertanyaan, apakah worthed untuk membelinya? Dengan harga yang cukup mahal, serta kemungkinan besar akan hadirnya iPhone 5 sekitar bulan Oktober tahun ini membuat banyak pihak bertanya-tanya, terutama iPhone 4S ini memiliki desain yang nyaris tidak berbeda dengan iPhone 4, serta beberapa kekurangan lain, seperti masih terlalu tergantung kepada iTunes, terlalu tertutup dibandingkan dengan Android serta beberapa kekurangan lain.

Semuanya tentu tergantung kepada pribadi masing-masing, namun penulis pribadi beranggapan, apabila kalian ingin membeli smart phone baru, saat ini 4S merupakan salah satu yang terbaik yang bisa kalian dapatkan, terutama bagi mereka yang menggunakan iDevice lama, seperti 3Gs maupun iPod first-gen. Namun apabila kalian sudah memiliki iPhone 4, mungkin tidak ada salahnya menunggu iPhone 5 tahun ini, kecuali kalian sangat terpesona dengan camera 4S dan jatuh cinta kepada Siri.

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s