Cara Mendapatkan Hasil Foto Terbaik Dari Smartphone


Lebih baik membeli smartphone dibanding kamera konvensional. Ya, pendapat ini berlaku bagi segelintir orang. Memang tidak sepenuhnya salah melihat tren perkembangan smartphone belakangan ini fitur kamera mendapat porsi lebih banyak. Ditambah lagi suguhan berbagai fitur lain dan harganya yang tidak berbeda jauh dari kamera konvensional.
Tak bisa dipungkiri masih ada beberapa batasan kemampuan kamera smartphone yang sepertinya belum mampu menyetarakannya dengan kamera pada umumnya, baik pocket maupun SLR. Namun kita masih bisa menyiasatinya, nah berikut ini kita akan bahas bersama beberapa cara mudah mengoptimalkan hasil foto dari kamera smartphone.
1. Peganglah smartphone layaknya kamera
Smartphone tentu saja lebih ringan dari kamera biasa, tapi kelebihannya malah menjadi kelemahan. Salah satu alasan kamera profesional dapat mengambil foto lebih bagus dan gambar yang tajam adalah pada beratnya itu sendiri yang berfungsi sebagai stabilisator. Tangan kita secara otomatis akan menahannya dengan kuat. Jadi coba peganglah smartphone seperti kamera sebelum mengambil gambar, seperti jangan terlalu meregangkan lengan agar tangan lebih steady.
2. Jangan malu banyak bergerak tuk dapatkan zooming bagus

Banyak smartphone berkamera memiliki fitur digital zoom. Sayangnya masih sangat sulit menemukan smartphone dengan kemampuan zooming yang baik, berakibat menurunnya kualitas gambar. Jadi jangan terlalu mengandalkan fitur zoom bawaan, tapi cobalah berjalan mendekati objek foto kamu. Tak perlu malu terus bergerak maju dan mundur berkali-kali sampai mendapatkan zooming yang tepat.
3. Berhati-hatilah dengan shutter lag
Selalu ada jarak waktu signifikan antara saat menekan tombol sampai smartphone mulai mengambil gambar, lag bisa berlangsung hanya satu detik atau lebih. Pastikan untuk memegangnya dengan mantap sampai melihat gambar akhir di layar, bergoyang sedikit saja mengakibatkan gambar menjadi blur. Dari pada memaksa tangan melakukan yoga, cobalah untuk menggunakan fitur timer. Dengan cara ini kita memiliki waktu untuk memastikan ponsel dipegang dengan benar.
4. Bertemanlah dengan cahaya
Fotografi yang baik memerlukan cahaya yang baik pula, tetapi jika terlalu banyak juga bisa mengakibatkan terjadi sebaliknya. Yang paling penting adalah sebisa mungkin hindari cahaya menyilaukan atau kontak langsung di tengah hari karena nantinya akan muncul bayangan kasar di hasil gambarnya.
5. Flash!!!
Meski ukurannya kecil, flash pada smartphone bisa begitu kuat hanya pada satu titik yang kadang dapat mempengaruhi hasil gambar. Untuk meminimalisirnya kita bisa gunakan diffuser, berfungsi sebagai penyebar cahaya ke area lebih besar menghindari pantulan dari kilatan flash. Atau kita juga dapat menggunakannya menangani kondisi sulit, seperti saat memotret objek yang tampak gelap bagian depan karena backlight.

6. Optimalkan layar Smartphone
Cobalah untuk menggunakan modus full frame pada layar smartphone sebelum mengambil sebuah gambar. Ini merupakan cara yang sederhana untuk melatih mata kita menemukan banyak aspek pendukung maupun pengganggu pada setiap foto lebih besar dibanding modus frame kecil.
7. Coba posisi berbeda
Kamasutra fotografi, mendapatkan kepuasan maksimal dalam posisi berbeda. Tentu bukan kita yang harus jungkir balik saat mengambil gambar. Desainnya  lebih ergonomis membuat kita dapat mengambil gambar dari beberapa sudut dan banyak posisi, lebih bebas mengeksploitasi sudut menarik atau titik pandang sesuatu yang kadang tidak bisa dilakukan pada kamera konvensional. Jangan takut untuk mencoba berbagai sudut elevasi untuk menangkap gambar yang unik.
8. Gunakan aplikasi fotografi yang ada
Tentunya kita sudah tidak asing dengan aplikasi fotografi yang terdapat pada smartphone baik itu perangkat iOS maupun Android, seperti Instagram atau 360Camera dan lain sebagainya. Gunakanlah itu karena tidak ada yang melarangnya. Setidaknya dengan berbagai efek fotografi yang disediakannya kita bisa menutupi hasil buruk atau lebih mempercantik foto terbaik.
9. Ambil gambar lagi dan lagi
Aspek kunci bagaimana kita bisa menjadi fotografer yang lebih baik adalah dengan terus berlatih, berlatih, dan berlatih. Ambilah banyak gambar, selain untuk berlatih, kita juga dapat meningkatkan peluang mendapatkan satu atau dua atau lebih foto dengan hasil fantastis. Kecuali jika memory terbatas. Namun sebagai pengguna smartphone atau kamera konvensional sekalipun, satu hal pasti dilakukan adalah memilih hasil foto terbaik dari setiap gambar yang diambil dan menghapus yang buruk.

Via

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s